Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Bintan tahun 2023
Jumat, 17-05-2024 - 16:50:50 WIB
Foto: Penyampaian laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah di gedung DPRD Bintan
TERKAIT:
 
  • Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Bintan tahun 2023
  •  

    SERGAPONLINE.COM BINTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bintan gelar rapat paripurna penyampaian laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.di gedung DPRD Bintan, Bintan Buyu kabupaten Bintan. Kamis(16/5/24).


    Acara dihadiri, Bupati dan wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Ahdi Muqsith, S.IP,Wakil ketua I DPRD Bintan Fiven Sumanti, serta anggota DPRD Bintan.


    Bupati Bintan Roby Kurniawan dalam penyampaian nya mengatakan "Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ kepala daerah tahun 2023 ini adalah menjadi bahan bagi kepala daerah untuk penyusunan perencanaan pada tahun berjalan dan tahun berikutnya, penyusunan anggaran pada tahun berjalan dan tahun berikutnya dan penyusunan peraturan daerah Peraturan Kepala Daerah dan atau kebijakan strategis kepala daerah tahun 2023.


    "Alhamdulillah banyak keberhasilan yang telah kita raih dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, tentu dibuktikan juga dengan banyaknya pengakuan dan penghargaan dari berbagai pihak tentang kemajuan dalam berbagai bidang yang telah dicapai oleh Kabupaten Bintan walaupun di sisi lain masih terdapat kekurangan di berbagai sektor untuk itu patut kiranya kita perbuat komitmen pembangunan melalui pelaksanaan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024 dan penyiapan rencana kerja pemerintah daerah yang semakin partisipatif dan adaptif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat kedepannya Bersama ini saya sampaikan", ucap Roby.


    Roby Kurniawan juga mengucapkan apresiasi atas dukungan segala pihak dalam urusan pemerintahan daerah ditahun 2023.


    "Kepada seluruh teknologi dan segenap pimpinan dan anggota DPRD serta jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan termasuk jajaran pemerintahan desa dan masyarakat Kabupaten Bintan secara keseluruhan serta pihak swasta yang telah memberikan dukungan dan bekerja keras bahu membahu melaksanakan urusan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan di tahun 2023 yang lalu.


    Tanggapan dan saran dari Fraksi Partai Demokrat terkait dan Perda penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.


    "Maka dasar hukum yang menjadi acuan dalam melaksanakan berbagai program Kesejahteraan Sosial terutama dalam penanganan berbagai permasalahan sosial di masyarakat. Pelayanan terhadap pemeluk pelayanan Kesejahteraan Sosial maupun dalam upaya pemberdayaan masyarakat yang akan terus diupayakan agar terselenggara secara terarah terpadu dan berkelanjutan .


    Tanggapan, saran dan masukan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera bahwa Kesejahteraan Sosial secara luas meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat baik kesehatan keadaan ekonomi mohon maaf baik kesehatan keadaan ekonomi kebahagiaan dan kualitas hidup masyarakat namun secara khusus dalam peran Perda penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial ini Pemerintah Kabupaten Bintan memprioritaskan pada penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial yang masuk dalam kriteria kemiskinan. Sosial dan penyimpangan perilaku korban bencana dan korban tindak kekerasan di mana permasalahan sosial tersebut diintervensi melalui pendekatan rehabilitasi sosial perlindungan sosial jaminan sosial maupun pemberdayaan sosial.


    Tanggapan,saran dan masukan dari Fraksi Nasdem beberapa persoalan yang terjadi di masyarakat tentu akan menjadi tantangan bagi pemerintah Kabupaten dalam meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan sosial kepada masyarakat terkait permasalahan kemiskinan keterlantaran penanganan imigran dan kebencanaan telah diakomodir dalam Ran Perda ini yaitu melalui program perlindungan dan jaminan sosial sesuai dengan kewenangan daerah secara teknis tentang mekanisme pelaksanaannya akan diatur dalam peraturan bupati .


    Pemerintah Kabupaten Bintan berharap dukungan dari DPRD dan semua unsur untuk mengoptimalkan kebijakan peraturan daerah guna Peran sosial di Kabupaten Bintan.


    Pandangan umum fraksi partai golongan Karya.


    "Harapan kita bersama bahwa ranperda ini dapat memberikan kepastian hukum dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kabupaten Bintan yang tentu saja harus sejalan dengan undang-undang dan peraturan di atasnya Pemerintah Kabupaten Bintan berkomitmen memberikan pelayanan sosial secara maksimal kepada para pemerruk pelayanan Kesejahteraan Sosial segala kondisi keterbatasan akan menjadi tantangan yang harus dihadapi dan di atas di antaranya keterbatasan sumber daya manusia keterbatasan sarana dan prasarana serta alokasi anggaran yang masih terbatas akan terus diupayakan perbaikan dan peningkatannya sehingga penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial juga dapat dilaksanakan secara.


    Pandangan umum fraksi perjuangan amanat hati rakyat.


    " Penyelenggaraan kesejahteraan sosial atau penerima manfaat program kesejahteraan sosial meliputi seluruh warga masyarakat di Kabupaten Bintan yang secara khusus program dan mempunyai kriteria tertentu yang diatur dalam petunjuk teknis masing-masing dan sebagainya.


    Tanggapan serta jawaban Bupati Bintan Kurniawan terhadap pandangan umum Fraksi Fraksi.


    "Sumber pendanaan atau anggaran penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat bersumber dari APBN APBD sumber lain yang sah dan tidak menginginkan Pemerintah Kabupaten Bintan akan terus berupaya melakukan pengentasan kemiskinan.


    Animasi penanggulangan kemiskinan daerah dengan program dan inovasi yang mampu memberikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat selain program jaminan sosial maka upaya pengentasan kemiskinan melalui program pemberdayaan juga senantiasa di tingkatkan, fasilitasi bantuan pengembangan ekonomi masyarakat melalui penumbuhan embrio usaha pelatihan dan pendampingan bagi pelaku lain juga senantiasa ditingkatkan.


    "Perda tentang peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial merupakan penghijauan tahan amanat undang-undang nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.


    "Secara eksplisit tertuang dalam pasal 12 ayat 1 huruf b pemberdayaan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta lembaga dan atau perseorangan sebagai potensi dan sumber daya dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial bab 7 pasal 38 menguraikan tentang peran masyarakat dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial bahwa potensi sumber kesejahteraan sosial atau psks merupakan pilar penting yang menjadi Mitra pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial psks dengan segala jenis sumber daya yang dimiliki mampu berkontribusi dalam Sosial secara de facto bahwa pengakuan terhadap sebuah negara apabila terpenuhi tiga unsur yaitu wilayah rakyat dan pemerintah jelas Roby.


    Hal ini menjelaskan bahwa maksud negara dalam pasal 34 tidak terbatas hanya pemerintah saja akan tetapi juga unsur masyarakat yang mempunyai kemampuan dan kompetensi dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.


    Terdapat dua objek yang menjadi sasaran penyelenggaraan kesejahteraan sosial pertama pemeluk pelayanan kesejahteraan sosial atau PPKS yang harus dilayani dan kedua adalah potensi dan sumber kesejahteraan sosial atau psks yang menjadi Mitra pemerintah dalam menangani PPKS.


    Dalam permensos nomor 7 Tahun 2022 tentang perubahan atas permensos Nomor 7 Tahun 2021 tentang atensi pada bab 3 pasal 4 ayat 1 huruf 1 disebutkan berjejaring dijelaskan pada ayat 13 memastikan pelaksanaan atensi harus mampu memanfaatkan dan bekerjasama dengan potensi sumber daya yang ada di pemerintah daerah dan masyarakat artinya pelayanan Kesejahteraan Sosial tetap melibatkan unsur partisipasi masyarakat. Kami berharap agar kemitraan yang sudah tercipta sedemikian baik antara pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Bintan.


    Editor: Daud




     
    Berita Lainnya :
  • Kejati Riau Gelar Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke- 64 Tahun 2024
  • Kasat Lantas Polres Siak AKP Fandri SH Adakan Kegiatan Sosialisasi Tentang Materi Keselamatan Berlalulintas
  • Bappeda Rohil Gelar Rapat Evaluasi Serentak Hasil Pencegahan Stunting Tahun 2024
  • Ketua PD Satria Provinsi Riau Zainal Arifin SE MH Hadiri Deklarasi Cagub-Cawagub Provinsi Riau Periode Tahun 2024-2029
  • Ekonomi Riau Tumbuh Positif, Berikut Penjelasan Pj Gubernur Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Kejati Riau Gelar Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke- 64 Tahun 2024
    02 Kasat Lantas Polres Siak AKP Fandri SH Adakan Kegiatan Sosialisasi Tentang Materi Keselamatan Berlalulintas
    03 Bappeda Rohil Gelar Rapat Evaluasi Serentak Hasil Pencegahan Stunting Tahun 2024
    04 Ketua PD Satria Provinsi Riau Zainal Arifin SE MH Hadiri Deklarasi Cagub-Cawagub Provinsi Riau Periode Tahun 2024-2029
    05 Ekonomi Riau Tumbuh Positif, Berikut Penjelasan Pj Gubernur Riau
    06 PD Satria Provinsi Riau Menghadiri Deklarasi Cagub-Cawagub Provinsi Riau Periode Tahun 2024-2029
    07 Polres Kuansing Gelar Apel Pengamanan Festival Pacu Jalur Tradisional 2024 di Kecamatan Benai
    08 Wali Kota Dumai Apresiasi Perhatian Pj Gubri SF Hariyanto Terhadap Infrastruktur
    09 Dihari Harganas Provinsi Riau Tahun 2024, Pj Bupati Kampar Terima Penghargaan Terbaik II Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023
    10 Bersama PJ Walikota Pekanbaru, Sekdako Atasi ke Kosongan Kasda Pasca Peralihan Kepala Daerah
    11 AKBP Asep Sujarwadi Pimpin Upacara Sertijab Beberapa Pejabat Utama Polres Siak
    12 Gelar Rakortas 2024, Jasa Raharja Berkomitmen Perkuat Kolaborasi dan Sinergi untuk Tingkatkan Pelayanan dan Kinerja Berkelanjutan
    13 Operasi Antik LK 2024: Ungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu Dengan Berat 8,26 Gram, 1 Pelaku di Amankan
    14 Diserang Harimau Saat Buang Air, Pekerja Sawit di Siak Tewas
    15 Perintah Kapolri Jaga Pilkada Serentak Berjalan Aman dan Lancar, Polda Riau dan Polresta Jajaran Gelar Simulasi Sispamko
    16 Polda Riau Adakan Bhayangkara (RUN) Dalam Rangka Memeriahkan HUT Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024
    17 Polisi Tangkap 2 Residivis Pencuri Mobil Dengan Modus Pecah Kaca di Pekanbaru
    18 Bapenda Pekanbaru Gelar Lapak Darling Hingga 31 Agustus 2024, Cek Jadwal dan Lokasinya
    19 Kegiatan Pisah Sambut Kapolsek Senapelan Penuh Rasa Haru Dalam Perpisahan
    20 Buka Orientasi ASN PPPK Pemprov Riau 2024, Pj Gubri Sampaikan Pesan Penting
    21 Kapolda Riau Pimpin Sertijab Pergantian 3 Kapolres dan Kabid Humas
    22 SAKIP Riau Sangat Baik, Pj Gubri: Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Baik
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com