Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas Untuk Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan
Jumat, 23-02-2024 - 09:50:03 WIB
Foto: Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas Untuk Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan Ket foto fadli
TERKAIT:
 
  • Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas Untuk Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan
  •  

    SERGAPONLINE.COM BENGKALIS- Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Bengkalis menyelenggarakan pertemuan Forum Perangkat Daerah (FPD), Kamis, (22/2/2024).


    Kegiatan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86/ 2017 menyatakan bahwa Penyelenggaraan Forum Perangkat Daerah oleh masing-masing perangkat daerah dimaksudkan untuk menyempurnakan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) yang sinkron dengan isu, tema dan prioritas pembangunan daerah tahun 2025 mendatang.


    Dibuka oleh Kepala Dinas TPHP, H. Tarmizi, M.Si di ruang rapat lantai dua Kantor Dinas TPHP Jalan Pertanian ini, FPD dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkalid, Wan Zulkarnanda dan beberapa staf, perwakilan dinas terkait, para kepala bidang (Kabid) Dinas TPHP, Kepala UPT BPP di lingkungan Dinas TPHP serta dari perguruan tinggi.


    Kesempatan ini, Kepala Dinas TPHP, Tarmizi menjelaskan, bahwa angka sementara untuk realisasi produksi tanaman pangan khususnya padi di Kabupaten Bengkalis pada tahun 2023 sebesar 17.352,42 ton hal ini dirasa masih jauh dari harapan jika mengacu kepada tahun terakhir Rencana Strategis (Renstra) Dinas TPHP 2021-2026 yakni sebesar 30.828,19 ton yang artinya capaian sampai dengan tahun 2023 terhadap target akhir Renstra tahun 2026 hanya sebesar 56,29%. Bahkan bila dibandingkan dengan capaian tahun 2022 sebesar 18.752,73 ton maka pada tahun 2023 terjadi penurunan produksi sebesar 1.400,31 ton.


    Penurunan produksi ini disebabkan oleh penurunan luas tanam dan luas panen serta adanya beberapa lokasi yang panen di bulan Januari 2024 sehingga laporan panennya bergeser di tahun 2024.


    Adapun penurunan luas tanam dan luas panen disebabkan oleh beberapa hal diantaranya terjadinya gagal semai dan gagal panen akibat banjir, alih fungsi lahan menjadi tanaman sawit, adanya beberapa lahan sawah yang terkena pasang air laut sehingga masuknya air asin ke areal persawahan, tidak adanya keberlanjutan alokasi program IP 200 akibat keterbatasan anggaran dan juga akibat beberapa hal lainnya.


    Untuk permasalahan alih fungsi lahan menjadi tanaman sawit, kami dari Dinas TPHP menilai sangat perlu dan segera untuk diterbitkannya peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang keberlanjutan lahan pertanian melalui LP2B (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan).


    "LP2B merupakan bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan nasional," ungkapnya di hadapan perwakilan Bappeda.


    Mengenai permasalahan gagal semai dan gagal panen yang disebabkan oleh adanya beberapa lahan sawah yang terkena pasang air laut sehingga masuknya air asin ke areal persawahan, Tarmizi mengajak dan mengimbau kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis maupun instansi terkait lainnya dapat membangun tanggul penahan air laut di pesisir pantai yang berhubungan langsung dengan areal persawahan, sehingga petani dapat memanfaatkan lahan pertaniannya dengan maksimal.


    "Begitu juga halnya dengan permasalahan penurunan produksi padi yang disebabkan oleh tidak adanya keberlanjutan alokasi program IP 200 akibat keterbatasan anggaran, kami memohon kepada Bappeda secara bersama-sama kiranya dapat mengalokasikan anggaran serta mencari sumber pendanaan lainnya untuk program IP 200 tersebut," pintanya.


    Berbeda halnya dengan produksi tanaman pangan khususnya padi, produksi tanaman hortikultura di Kabupaten Bengkalis pada tahun 2023 mengalami peningkatan dari 902,07 ton pada tahun 2022 menjadi 1.084,75 ton pada tahun 2023. Angka ini juga melampaui target tahun 2023 yang ditetapkan pada Renstra 2021-2026 yakni sebesar 1.036,99 ton.


    Bahkan capaian sampai dengan tahun 2023 terhadap target akhir Renstra tahun 2026 telah mencapai 90,37%. Diharapkan di tahun 2026 capaian ini bisa memenuhi target bahkan melampaui atas usaha ds dan sinergitas bersama.


    Tarmizi juga menyampaikan, bahwa realisasi untuk populasi ternak sapi di Kabupaten Bengkalis pada tahun 2023 juga mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun 2022 yakni dari 16.829 ekor pada tahun 2022 menjadi 18.009 ekor pada tahun 2023 dengan tingkat keberhasilan mencapai 99,49% dari target tahun 2023 yang ditetapkan. Meskipun demikian, hal ini juga perlu menjadi perhatian kita bersama agar kiranya pada akhir Renstra tahun 2026 target ditetapkan sebesar 24.638 ekor bisa tercapai.


    "Kami mengajak kita semua, marilah bersama-sama bergerak, mengayunkan langkah, membulatkan tekad untuk selalu bergandengan tangan dalam menyukseskan program penyediaan pangan di negeri yang kita cintai ini, melalui perencanaan yang matang dan terukur guna mencapai target sasaran pembangunan pertanian yang kita harapkan. Terutama dalam hal peningkatan produksi pertanian sekaligus kesejahteraan petani yang pada akhirnya visi “Terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang bermarwah, maju dan sejahtera” insyaallahdapat kita capai," harapnya. (Inf)


    Editor: Fadli




     
    Berita Lainnya :
  • Kejati Riau Gelar Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke- 64 Tahun 2024
  • Kasat Lantas Polres Siak AKP Fandri SH Adakan Kegiatan Sosialisasi Tentang Materi Keselamatan Berlalulintas
  • Bappeda Rohil Gelar Rapat Evaluasi Serentak Hasil Pencegahan Stunting Tahun 2024
  • Ketua PD Satria Provinsi Riau Zainal Arifin SE MH Hadiri Deklarasi Cagub-Cawagub Provinsi Riau Periode Tahun 2024-2029
  • Ekonomi Riau Tumbuh Positif, Berikut Penjelasan Pj Gubernur Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Kejati Riau Gelar Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke- 64 Tahun 2024
    02 Kasat Lantas Polres Siak AKP Fandri SH Adakan Kegiatan Sosialisasi Tentang Materi Keselamatan Berlalulintas
    03 Bappeda Rohil Gelar Rapat Evaluasi Serentak Hasil Pencegahan Stunting Tahun 2024
    04 Ketua PD Satria Provinsi Riau Zainal Arifin SE MH Hadiri Deklarasi Cagub-Cawagub Provinsi Riau Periode Tahun 2024-2029
    05 Ekonomi Riau Tumbuh Positif, Berikut Penjelasan Pj Gubernur Riau
    06 PD Satria Provinsi Riau Menghadiri Deklarasi Cagub-Cawagub Provinsi Riau Periode Tahun 2024-2029
    07 Polres Kuansing Gelar Apel Pengamanan Festival Pacu Jalur Tradisional 2024 di Kecamatan Benai
    08 Wali Kota Dumai Apresiasi Perhatian Pj Gubri SF Hariyanto Terhadap Infrastruktur
    09 Dihari Harganas Provinsi Riau Tahun 2024, Pj Bupati Kampar Terima Penghargaan Terbaik II Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023
    10 Bersama PJ Walikota Pekanbaru, Sekdako Atasi ke Kosongan Kasda Pasca Peralihan Kepala Daerah
    11 AKBP Asep Sujarwadi Pimpin Upacara Sertijab Beberapa Pejabat Utama Polres Siak
    12 Gelar Rakortas 2024, Jasa Raharja Berkomitmen Perkuat Kolaborasi dan Sinergi untuk Tingkatkan Pelayanan dan Kinerja Berkelanjutan
    13 Operasi Antik LK 2024: Ungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu Dengan Berat 8,26 Gram, 1 Pelaku di Amankan
    14 Diserang Harimau Saat Buang Air, Pekerja Sawit di Siak Tewas
    15 Perintah Kapolri Jaga Pilkada Serentak Berjalan Aman dan Lancar, Polda Riau dan Polresta Jajaran Gelar Simulasi Sispamko
    16 Polda Riau Adakan Bhayangkara (RUN) Dalam Rangka Memeriahkan HUT Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024
    17 Polisi Tangkap 2 Residivis Pencuri Mobil Dengan Modus Pecah Kaca di Pekanbaru
    18 Bapenda Pekanbaru Gelar Lapak Darling Hingga 31 Agustus 2024, Cek Jadwal dan Lokasinya
    19 Kegiatan Pisah Sambut Kapolsek Senapelan Penuh Rasa Haru Dalam Perpisahan
    20 Buka Orientasi ASN PPPK Pemprov Riau 2024, Pj Gubri Sampaikan Pesan Penting
    21 Kapolda Riau Pimpin Sertijab Pergantian 3 Kapolres dan Kabid Humas
    22 SAKIP Riau Sangat Baik, Pj Gubri: Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Baik
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com