Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Bersama Forkopimda, Kapolda Riau Pimpin Apel Kesiapsiagaan Atasi Bencana
Selasa, 22-11-2022 - 14:26:24 WIB
Foto: Forkopimda, Kapolda Riau Pimpin Apel Kesiapsiagaan Atasi Bencana
TERKAIT:
 
  • Bersama Forkopimda, Kapolda Riau Pimpin Apel Kesiapsiagaan Atasi Bencana
  •  

    SERGAPONLINE.COM PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal bersama Forkopimda memimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanganan bencana alam Provinsi Riau tahun 2022, Selasa (22/11/2022) pagi.


    Apel gelar pasukan siaga bencana dilaksanakan di halaman apel Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman, dihadiri Forkopimda, TNI, Polri serta dinas terkait lainnya.


     


    Sekitar 4.000 lebih personel gabungan TNI/Polri dan instansi terkait lainnya disiagakan untuk mengantisipasi bencana alam di Provinsi Riau.Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, apel siaga bencana bersama stakeholder terkait ini digelar guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di Provinsi Riau.


    "Apel siaga ini kita persiapan sekitar 4.000 lebih personil. Prinsipnya Pemerintah Provinsi, kabupaten kota dibackup sepenuhnya oleh TNI, Polri dalam hal ini Korem, Lanud, Lanal dan Polda Riau sudah harus action dan menyiapkan mesin-mesin serta semua satu kesatuannya untuk melakukan dua hal yang pertama preemtif dan preventif," kata Irjen Iqbal


     


    Dalam menghadapi bencana, kata Irjen Iqbal, kita juga tahu bahwa pencegahan ini penting, drainase, sampah dan lain-lain harus betul betul clear dan juga bersih, sehingga potensi untuk banjir, longsor dan lain sebagainya dapat diminimalisir.


    "Himbauan-himbauan melalui Babinsa, Bhabinkamtibmas, kepala desa dan lain-lain sudah bergerak semua dan yang kedua TNI, Polri sudah menyiapkan skenario-skenario terburuk di kabupaten kota masing-masing. Ini sudah menjadi agenda kami dan ada beberapa kabupaten kota yang sudah melaksanakan apel ini dan kami sudah perintahkan, setelah provinsi melaksanakan apel persiapan, wajib bergandengan tangan melakukan apel konsolidasi untuk melaksanakan preemtif dan preventif strike juga melaksanakan upaya upaya kesiapsiagaan. Kalau hal buruk terjadi sudah tau apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan, rumah sakit rujukan dan siapa yang bertanggungjawab," tegas Iqbal.


    Kata mantan Kadiv Humas Polri ini, untuk kabupaten kota yang banjir saat ini baru Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sama Rokan Hilir (Rohil), Dumai hanya banjir rob.


    "Alhamdulillah sampai hari ini belum begitu bisa dikatakan rawan, tetapi mapping kita dari tahun ke tahun tiga kabupaten/kota itu yang kita waspadai, tapi ada beberapa juga seperti Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan juga Kampar. Kita juga harus waspadai. Intinya kita over estimate tidak mau under estimate, Provinsi Riau harus siap dengan segala kondisi apapun untuk mengantisipasi segala hal," terangnya.


    Senada disampaikan Gubernur Riau Syamsuar, dalam penanganan bencana alam di Provinsi Riau nantinya akan mengerahkan 4.000 lebih personil gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, hingga Satpol PP.


    "Oleh karena itulah perlu kesiapsiagaan kita, apalagi kita sebentar lagi memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru. Untuk itu juga perlu menyiapkan apel kesiapsiagaan dalam rangka menghindari terjadinya bencana banjir, longsor, dan lainnya," jelas Syamsuar


    Diketahui, di beberapa daerah di Riau telah terjadi banjir. Gubernur Syamsuar mengimbau masyarakat di daerah-daerah rawan bencana alam seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung untuk siap siaga atau waspada.


    Jika terjadi bencana alam, Syamsuar minta masyarakat tidak sungkan dan segera melapor atau menghubungi pemerintah setempat, baik kepala desa, lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.


    "Untuk itulah hari ini kita melaksanakan apel siaga bersama TNI Polri dalam rangka jika nanti terjadi bencana kita sudah siap," pungkas Syamsuar.


    Dalam mengantisipasi bencana, sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengumumkan status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai 21 Maret hingga 30 November 2022.


    Pemprov Riau, Forkopimda dan stakeholder terkait dianggap telah berhasil dalam melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lancang Kunig, sehingga status siaga karhutla ini nantinya akan ditindak lanjuti.


    Editor: Jasril




     
    Berita Lainnya :
  • Kapolres Pelalawan Berkunjung Ke Polsek Pangkalan Kuras
  • Tim Reskrim Polsek Tapung Hilir Berhasil Tangkap Pelaku Narkoba di Desa Kota Garo
  • Minimalisir Balap Liar, Pj Wako Minta Disdik dan Instansi Terkait Lakukan Penyuluhan ke Sekolah
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Kapolres Pelalawan Berkunjung Ke Polsek Pangkalan Kuras
    02 Tim Reskrim Polsek Tapung Hilir Berhasil Tangkap Pelaku Narkoba di Desa Kota Garo
    03 Minimalisir Balap Liar, Pj Wako Minta Disdik dan Instansi Terkait Lakukan Penyuluhan ke Sekolah
    04
    05
    06 Kapolres Pelalawan sambang Pos Ronda Di Kampung Melati Desa Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras
    07 Terbesar Dalam Sejarah Pengungkapan Narkoba Oleh Polda Riau, Berhasil Amankan 276 Kg Sabu dan Bekuk 5 Pelaku
    08 Terkait Pemilihan Kepala Desa, Ini Tanggapan Wakil Ketua DPRD Bengkalis
    09 Beri Subsidi, Pemko Pekanbaru Mulai Data Pengusaha Angkutan Barang
    10
    11
    12
    13 Dalam Sehari Gubernur Ansar Sambut Dua Pejabat Pusat, Mendes PDTT dan Anggota Komisi IX DPR RI
    14 Cepat Tanggap, Kapolsek Tambang Berikan Bansos Kepada Warga Korban Kebakaran Rumah
    15 Dinilai Peduli Kembangkan Ekonomi Desa, Gubri Syamsuar Akan Terima Penghargaan Dari Kementerian PDTT
    16
    17
    18
    19 Tidak Mau Kecolongan, Kapolres Perintahkan Kapolsek Cek Dugaan Aktifitas PETI Yang Menggunakan Alat Berat Beraktifitas Dimalam Hari
    20 Ngopi Bareng Forkopimda Dan Awak Media, Wabup Rohul : Wartawan Mitra Strategis Pemerintah Dalam Membangun Daerah
    21 Pemerintah Kabupaten Pelalawan Menyalurkan Dana Zakat Berupa Bantuan Ke 4273 Penerima
    22 Polda Riau Ajak Masyarakat Manfaatkan 7 Program Pemutihan Pajak
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com