Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Bupati Asahan Launching Aplikasi SIKAS dan Tutup Virtual Asahan Job Fair 2022
Senin, 14-11-2022 - 07:28:00 WIB
Foto:Bupati Asahan H.Surya BSc menutup Virtual Asahan Job Fair 2022
TERKAIT:
 
  • Bupati Asahan Launching Aplikasi SIKAS dan Tutup Virtual Asahan Job Fair 2022
  •  

    SERGAPONLINE.COM ASAHAN - Dihalaman Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan, Bupati Asahan H. Surya, BSc melaunching Aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan (SIKAS) dan menutup virtual Asahan job fair 2022 yang dilaksanakan sejak tanggal 3-10 November 2022, Jum'at (11/11/2022)


    Virtual Asahan Job Fair 2022 ini diikuti 37 perusahaan dengan 97 jabatan, 356 pelamar serta 2.278 lamaran. Ini disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan Dra. Meilina Siregar, M. Si saat menyampaikan laporannya dihadapan Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala BP3MI Sumatera Utara, OPD, Pimpinan Perusahaan, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dan tamu undangan lainnya.


    Meilina juga melaporkan tujuan dari virtual Asahan Job Fair 2022 ini untuk mempertemukan Perusahaan Pencari Tenaga Kerja dengan Pencari Kerja sehingga terjadi Transaksi Lowongan Pekerjaan, menurunkan Angka Pengangguran di Kabupaten Asahan dan Pemulihan Ekonomi Akibat Krisis Covid-19 serta membangkitkan perekonomian di Kabupaten Asahan serta mengurangi biaya operasional para pencari kerja untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.


    "Kita menyadari bahwa dunia ketenagakerjaan dihadapkan pada masalah pengangguran, kesempatan kerja, etos kerja, PHK, sumber daya yang tersertifikasi dan masalah lainnya yang tak pernah habis-habisnya dihadapi pencari kerja dan penerima kerja, sehingga Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan merasa perlu mempunyai Aplikasi untuk efisensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas. Pelayanan dan informasi ketenagakerjaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga perlu adanya layanan secara online sehingga dapat melayani pencari kerja yang terintegrasi melalui Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan (SIKAS) sebagai Konkreat Digitalisasi Birokrasi", ujar Meilina.


    Lebih lanjut dirinya mengatakan, aplikasi SIKAS ini adalah aplikasi spesial yang berbeda dengan aplikasi lainnya di Kabupaten Asahan, karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan data Kementerian RI secara otomatis dan sistematis sehingga data kita sinkron dengan data Kementerian. Untuk di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Asahan yang pertama menggunakan aplikasi ini dan untuk di Indonesia baru 7 Kabupaten/Kota yang menggunakan aplikasi ini.


    "Salah satu integrasi datanya adalah integrasi data loker secara nasional pelatihan siap kerja nasional data pencari kerja Nasional/Kabupaten serta data perusahaan secara nasional dengan harapan SIKAS menjadi contoh untuk daerah lain agar dapat melakukan integrasi data dengan Kementerian", tutupnya.


    Sementara Bupati Asahan pada pidatonya mengatakan Job Fair ini sangat membantu masyarakat pencari kerja dan tentunya mengurangi biaya karena semua proses dilakukan melalui aplikasi.


    "Kita patut bersyukur Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan telah memiliki sistem informasi berbasis online yang dipergunakan untuk menyikapi tuntutan perubahan dunia yang mengarah pada digitalisasi sebagai salah satu bentuk pelayanan yang lebih mudah, cepat, transparan dan akuntabel dalam hal membuat lowongan kerja bagi perusahaan melamar pekerjaan bagi pencari kerja", ucap Bupati.


    Bupati juga mengatakan aplikasi ini merupakan sistem yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses layanan pemberi dan pencari kerja dalam bentuk jaringan publik, pelaporan dan prosedur administrasi untuk mendukung kinerja dan memperoleh informasi secara tepat, cepat dan akurat dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan informasi lapangan kerja kepada yang membutuhkan.


    Mengakhiri pidatonya Bupati menyampaikan tujuan khusus dari SIKAS ini dibuat adalah, merubah cara konvensional menjadi cara yang modern, mengurangi biaya untuk melamar pekerjaan, mengurangi kekeliruan dalam segala aspek pelayanan lapangan kerja, berinovasi agar lebih praktis mengenai lapangan kerja, meningkatkan kemudahan untuk mencari informasi lapangan kerja serta efektif dan efisien dalam kebutuhan informasi lapangan kerja.


    Dikesempatan ini juga Bupati Asahan melaunching aplikasi SIKAS dengan melalukan scan barcode yang telah disediakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan diikuti oleh Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S. Sos M. Si dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan. Dilanjutkan dengan meninjau ruangan yang menjadi tempat pelayanan SIKAS dan melihat produk UMKM binaan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan.


    Editor:Ibrahim




     
    Berita Lainnya :
  • DPRD Kota Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna HUT Kota Pekanbaru ke-239
  • Kepedulian Pegawai Qurbankan Dua Ekor Sapi Dan Dua Ekor Kambing Di Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan
  • Kabupaten Kampar Terima Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan
  • Polres Bintan dan Polsek Jajaran Turunkan Personel Lakukan Pengaman Sholat Idul Adha 1445H/2024M di Seluruh Wilayah Kabupaten Bintan
  • Kapolda Riau Menghadiri Sholat Idul Adha 1445 H Tahun 2024, Sekaligus Serahkan 32 Sapi Limosin dan 20 Ekor Kambing
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 DPRD Kota Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna HUT Kota Pekanbaru ke-239
    02 Kepedulian Pegawai Qurbankan Dua Ekor Sapi Dan Dua Ekor Kambing Di Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan
    03 Kabupaten Kampar Terima Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan
    04 Polres Bintan dan Polsek Jajaran Turunkan Personel Lakukan Pengaman Sholat Idul Adha 1445H/2024M di Seluruh Wilayah Kabupaten Bintan
    05 Kapolda Riau Menghadiri Sholat Idul Adha 1445 H Tahun 2024, Sekaligus Serahkan 32 Sapi Limosin dan 20 Ekor Kambing
    06 Rutan Suasana Sholat Idul Adha Dan Qurban Di Rutan Pekanbaru, Plt Karutan Pekanbaru Sampaikan Hal Ini!
    07 Kapolsek Singingi dan Bhayangkari Polsek Singingi Gelar Bansos Dalam Rangka Memperingati HUT Bhayangkara ke-78
    08 Pj Wako Pekanbaru Tandatangani NPHD Bersama Dandim dan Kapolresta Pekanbaru
    09 Himbauan Kamtibmas di Minggu Kasih Polres Bintan dan Polsek Jajaran
    10 Keluarga Oknum Guru TK Dharma Wanita Talang 1 Tulungagung, Menantang Untuk Dipecat
    11 Pemkab Trenggalek Terapkan Investasi Lestari, Raup Ratusan Milyar dari Investor
    12 Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika SIK Kapolresta Pekanbaru Mendapatkan Penghargaan
    13 Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton Pimpin Sertijab Waka Polres Dumai Kompol Josina Ke Kompol Henryanto
    14 16 Rumah Terbakar di Rohul, Pj Gubernur Riau Datang Berikan Bantuan
    15 Bupati Rohil Pimpin Rapat Persiapan Festival Bakar Tongkang Tahun 2024
    16 Kapolresta Pekanbaru diwakili Waka Polresta Menjadi Narasumber Dalam Bimtek Pilkada 2024
    17 Bupati Trenggalek Sambut Kedatangan Atlit Peraih Medali Emas
    18 Pj Gubri Buka Evaluasi Kesehatan Ibu dan Anak, Fokus pada Pencegahan Stunting
    19 Polisi Ringkus Dua Pelaku Jambret Sadis Yang Tewaskan Korbannya
    20 3 Kali Beruntun, Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan TPID Berkinerja Baik di Kawasan Sumatera
    21 Kabupaten Bengkalis Raih Terbaik I Penghargaan Patriana Award 2023
    22 Sat Lantas Polres Kuansing Gelar Pengaturan dan Patroli Shalat Jum'at di Masjid Agung
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com