Selasa, 27 Oktober 2020

 
Bawaslu Perintahkan KPUD Nias Utara Verifikasi Ulang Dokumen Bapaslon FODELA
Selasa, 13 Oktober 2020 - 11:19:25 WIB

TERKAIT:
 
  • Bawaslu Perintahkan KPUD Nias Utara Verifikasi Ulang Dokumen Bapaslon FODELA
  •  

    SERGAPONLINE.COM NIAS UTARA - Secara jasmani terkesan sangat melelahkan mengikuti tahapan sidang gugatan sengketa Pilkada di Kab.Nias Utara.

    Hal itu bisa dilihat setelah melakukan beberapa kali persidangan di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu- red)Kabupaten Nias Utara (Nisut).

    Pada musim perdana sengketa kali ini sebagai majelis sidang di percayakan kepada Oibuala Lai'a,SH sebagai Ketua Mejelis,Memori Zendrato,S.Pd.K,M.A, Aidirahman Tanjung,S.Pd Anggota majelis.

    Kurang lebih sepekan melaksanakan sidang, akhirnya majelis sidang membacakan putusan sengketa Pilkada Nias Utara antara pasangan Drs. Fonaha Zega-Emanuel Zebua (FODELA/pemohon) dan KPUD (termohon), bertempat di Ruang Sidang Bawaslu Nisut, Senin, (12/10/2020).

    Sidang pembacaan putusan yang dipimpin oleh Ketua Majelis Sidang juga sebagai Divisi Hukum Bawaslu Nisut, Oibuala La’ia, SH, dimulai sekitar pukul 16.30, dihadiri oleh kedua belah Pihak yakni, pemohon bersama kuasa hukum dan termohon.

     Juga di lokasi sidang tampak puluhan personil kepolisian ikut melakukan pengamanan untuk kelancaran pembacaan putusan Bawaslu.

    Setelah membacakan permohonan pemohon dan jawaban dari termohon, sebagaimana fakta persidangan yang ada, alat bukti, kesaksian para saksi dan penjelasan para ahli serta aturan perundang-undangan yang ada, majelis sidang kemudian memutuskan:

    1.Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian.

    2.Memerintahkan termohon untuk membatalkan berita acara tentang penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, khusus untuk Bakal pasangan calon Drs. Fonaha Zega, M.AP, tertanggal 23 September 2020 beserta berita acara turunannya.

    3.Memerintahkan termohon dan pemohon secara bersama-sama melakukan perbaikan prosedur dengan cara melakukan verifikasi atau klarifikasi ulang dokumen persyaratan calon pemohon menyangkut dokumen surat keterangan dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan tentang telah selesai menjalankan pidana penjara dan telah selesai menjalani pembebasan bersyarat, cuti bersyarat atau cuti menjelang bebas, atas nama Pemohon Drs. Fonaha Zega, sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku, serta menuangkan hasil verifikasi atau klarifikasi tersebut dalam berita acara.

    4.Memerintahkan termohon bila mana hasil verifikasi atau klarivikasi keterpenuhan syarat calon pemohon telah benar dan sah serta selanjutnya menerbitkan keputusan terhadap status pencalonan pemohon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nisut tahun 2020.

    5.Memerintahkan termohon melaksanakan amar putusan poin ke 3, poin ke 4 diatas, paling lama 7 hari kalender, sejak termohon melaksanakan putusan ini.

    6.Menolak dalil-dalil permohonan pemohon untuk selebihnya.

    7.Memerintahkan termohon untuk melaksanakan putusan ini sejak 3 hari kerja sejak keputusan dibacakan.

    Komisioner KPU Nisut Divisi Teknis, Karianto Lase saat dikonfirmasi usai sidang, mengatakan, sesuai pembacaan putusan tadi oleh ketua majelis, dimana memerintahkan KPU untuk merubah berita acara terkait penetapan calon FODELA.

    “Kita sudah mengikuti prosedur penyelesaian sengketa di Bawaslu Kabupaten Nisut, kurang lebih seminggu lamanya, dan hari ini kita sudah mendengarkan putusannya. Kita berharap yang terjadi selama ini sudah selesai sampai pembacaan putusan yang dibacakan oleh pimpinan sidang,” katanya.

    Diketahui, pada 25 September 2020 pasangan FODELA menyampaikan gugatan di Bawaslu Nisut terkait keputusan KPU Nisut tertanggal 23 September 2020 yang menyatakan Paslon Drs. Fonaha Zega, M. AP – Emanuel Zebua, SH, M. AP (FODELA) tidak memenuhi syarat menjadi Paslon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Nisut tahun 2020. (@AZ)



     
    Berita Lainnya :
  • Bawaslu Perintahkan KPUD Nias Utara Verifikasi Ulang Dokumen Bapaslon FODELA
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved