Selasa, 17 Mei 2022

 
Pemerintah Kabupaten Natuna
Wakil Bupati Membuka Secara Resmi Kegiatan Sosialisasi dan Introduksi Measles Rubella
Selasa, 03 Juli 2018 - 23:21:40 WIB

TERKAIT:
 
  • Wakil Bupati Membuka Secara Resmi Kegiatan Sosialisasi dan Introduksi Measles Rubella
  •  

    SERGAPONLINE.COM Natuna, Wakil Bupati Natuna Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi dan Introduksi MR (Measles Rubella) pada Selasa pagi (3/7) di Aula Hotel Natuna Jl. Soebrantas, Ranai.

    Dihadiri oleh Para Asisten, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, beberapa OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna, Direktur RSUD, Camat dan Puskesmas Se-Pulau Bunguran serta Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Lintas Agama, dengan jumlah peserta 50 orang.

    Dalam Sambutannya, Wakil Bupati Ngesti Yuni menyampaikan Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2020.

    Wakil Bupati menambahkan
    Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye imunisasi massal dan pengendalian imunisasi campak MR (Measles Rubella). Imunisasi massal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan virus campak dan rubella yang ada di masyarakat.

    Mengingat kondisi geografis Kabupaten Natuna adalah daerah kepulauan dengan transpottasi dan pelayanan kesehatan yang terbatas serta minim informasi, Ngesti yuni berharap dukungan semua pihak dalam penyebaran informasi program imunisasi ini secara utuh.

    "Segenap unsur media cetak maupun eleltronik kiranya dapat mendukung bagi penyebarluasan informasi terhadap rencana pelaksanaan program imunisasi massal ini. Hal ini menjadi penting mengingat kondisi geografis Kabupaten Natuna yang berbentuk kepulauan, sehingga dengan media informasi yang ada, seluruh masyarakat mendapatkan informasi secara utuh. Terutama yang berdomilisili di beberapa daerah dengan kondisi transportasi dan pelayanan kesehatan yang terbatas," harap Ngesti.

    Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dr. Rizal Rynaldi, S.Ssi, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan, penyakit campak dan rubella adalah penyakit infeksi yang menular melalui saluran nafas, yang disebabkan oleh Virus campak dan rubella.

    Karena bisa menyebabkan kematian dan Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, menurut Rizal Rynaldi cara terbaik untuk mencegahnya adalah melakukan imunisasi.

    "satu-satunya cara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat untuk mencegah menularnya penyakit tersebut adalah dengan Imunisasi Vaksin MR (Measles Rubella) yang dapat mencegah dua penyakit sekaligus", sambung Rizal.

    Rencana Kampanye Imuninasi Measles Rubella dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 untuk anak pra-sekolah dan bulan September 2018 untuk anak SD/MI dan SMP/MTS.

    Sasaran Kegiatan kampanye ini sebanyak 23.780 anak dan ditangani oleh Petugas Imuninasasi/Vaksinator sebanyak 373 petugas yang tersebar di setiap Puskesmas Kecamatan se-Kabupaten Natuna, dengan menggunakan APBD Kabupaten Natuna Tahun 2018 DAK Non Fisik Bidang Kesehatan Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Kegiatan peningkatan Imunisasi.(rgb/so)




     
    Berita Lainnya :
  • Wakil Bupati Membuka Secara Resmi Kegiatan Sosialisasi dan Introduksi Measles Rubella
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved