Senin, 15 08 2022

 
Musim Kemarau Melanda, Luas Karlahut di Kabupaten Rokan Hulu Capai 303,5 Hektar
Selasa, 02 Agustus 2022 - 20:44:54 WIB
Foto: Bupati Rokan Hulu H. Sukiman saat memberikan arahan kepada Kepala Pelaksana BPBD Rohul Zuljandri Rosa, SSI, MM,
TERKAIT:
   
 

SERGAPONLINE.COM ROHUL - Luas kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) semakin meluas menyusul musim kemarau yang melanda. Karhutla terjadi sejak bulan Maret hingga Juli 2022, capai 303,5 Hektare.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman memberikan arahan kepada Kepala Pelaksana BPBD Rohul Zuljandri Rosa, SSI, MM, untuk melakukan pemadaman dengan tetap berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Hal tersebut di sampaikan Zuljandri Rosa di kantor BPBD Rohul yang berada di Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu.

"Untuk luas Karlahut yang terjadi di Rohul capai 303,5 Hektar. Arahan dari bapak Bupati kepada kami jelas, bahwa kami diminta untuk melakukan pemadaman karhutla dimana dengan tetap berkordinasi dengan pihak terkait," jelas Zuljandri Rosa, Selasa (2/8/2022).

Salah satu kawasan rawan karlahut, yakni Kecamatan Rokan IV Koto, Kecamatan Rambah, Kecamatan Rambah Samo dan Kecamatan Bonai Darussalam.

Dua hari terakhir, sekitar 10 hektare lahan yang telah di Imas tumbang di areal perbukitan yang ada di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah terjadi karhutla.

Ia juga menjelaskan, hingga sampai saat ini pihaknya telah berkoordinasi kepada semua pihak.

"Untuk siapa nama pemilik lahan, sementara ini belum kami ketahui, tetapi, kami telah melakukan koordinasi kepada pihak kecamatan, desa, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan TNI Polri, paparnya.

Zuljandri juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan maupun hutan jika ingin berkebun.

Selain itu, dia juga menjelaskan petugas gabungan telah melakukan pencegahan melalui kegiatan sosialisasi, memasang plang pemberitahuan di lokasi lahan dan hutan yang telah di Imas tumbang dan melaksanakan patroli.

Zuljandri Rosa juga menambahkan, pihaknya saat ini masih memiliki kendala dalam melakukan patroli dan pemadaman karhutla.

"Untuk kendala kami dalam melaksanakan patroli dan pemadaman karlahut memang masih ada, yang utama sarana kendaraan roda dua masih kurang 10 unit dan roda empat serta alat pemadam. Kemudian, kendala kami jika karlahut terjadi di lokasi perbukitan. Sebab, sumber air sulit di temukan, tutupnya.

Terlihat, Zuljandri Rosa bersama staf serta Penerangan Humas Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serda Dedy Nofery Samosir berbincang di kantor BPBD Rohul.

Editor: Frengky Nainggolan



 
Berita Lainnya :
  • Musim Kemarau Melanda, Luas Karlahut di Kabupaten Rokan Hulu Capai 303,5 Hektar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved