PKS PT. Sinar Utama Nabati Tetap Menjaga Lingkungan Dari Pencemaran
Jumat, 19 Maret 2021 - 19:11:58 WIB

TERKAIT:
 
  • PKS PT. Sinar Utama Nabati Tetap Menjaga Lingkungan Dari Pencemaran
  •  

    SERGAPONLINE.COM TALUK KUANTAN - Keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Sinar Utama Nabati (SUN) yang beroperasi di Desa Sungai Bawang, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau
    Terkait banyak nya pemberitaan dari media online baik cetak berhubungan limbah dan polusi udara  yang mana banyak menimbulkan polemik  pro dan kontra ditengah-tengah  masyarakat jumat (18 maret 2021).

    Saat dikomfirmasi kepada pihak managent PT SUN melalui KTU Samsul bahri melalui via telfon seluler nya jumat (18/03/2021) pagi Samsul mengatakan kepada  media SERGAPONLINE.COM Mengenai daerah aliran Sungai Saat ini air sungai tidak pernah tercemar dari kegiatan operasional pabrik, kondisi sungai yang selalu jernih dan mengalir baik menandakan bahwa tidak ada terjadi pencemaran yang dapat dilihat dari kondisi sungai yang ada sekarang.

    Kegiatan masyarakat sekitarnya pada umumnya tidak mengandalkan pada sungai karena kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) sumber airnya tidak maksimal,  sehingga sangat jelas masyarakat tidak pernah mengeluhkan dengan keadaan sungai sekarang apalagi dalam hasil pemeriksaan uji Emisi yang dilakukan setiap semester.

    Hasil uji emisi yang dilakukan pihak external memberikan gambaran nilai baik begitu juga dengan pengawasan rutin yang dilakukan oleh Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten akan memberikan masukan masukan jika ada hal yang harus diperbaiki.

    "Samsul menambahkan bahwa PT. Sinar Utama Nabati tetap selalu menjadi bagian dalam masyarakat, dan selalu terbuka buat masyarakat sekitarnya untuk selalu berkoordinasi agar dapat terus selalu berdampingan dimana setiap ada kendala PT. Sinar Utama Nabati, akan tetap berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

    Begitu juga dengan pemerintahan Desa dan Kecamatan PT. Sinar Utama Nabati terus berkomitmen berupaya menjadi bagian dalam memajukan daerah.

    Prinsipnya kita membantah keras bahwa PT. Sinar Utama Nabati meresahkan warga seluruh karena kewajiban yang ditetapkan dalam aturan pemerintahan telah kami ikuti dan mudah-mudahan hal ini tetap menjadi semangat bagi kami selaku investor untuk melakukan kegiatan usaha begitu juga dengan investor lain yang ingin melakukan kegiatan usaha di di Kecamatan singing ini.ucap Samsul.

    Hal ini juga disampai kan lansung oleh kades Sungai bawang Sapto widodo melalui via telfon seluler nya.

    Sapto keberadaan PT SUN tentu berdampak positif bagi masyarakat Seperti SPSI  dan harga-harga  sawit jauh lebih bisa terkendali dengan ada nya PT SUN Didesa Sungai Bawang ini,ucapan kepala desa.Sapto.

    Terkait limbah pabrik yang diberitakan oleh media online yang  mengalir ke sungai saat ini tidak ada, tercemar hal ini bisa kita lihat karna tidak ada nya masyarakat yang komplain atau ikan yang mati,kalau air sungai tercemar sudah pasti masyarakat x tran yang terlebih dahulu komplain contoh nya daerah petai-kebun lado karna aliran sungai nya kesana tapi kok saya lihat aman-aman saja gak ada yang komplent kata sapto.

    Dulu pernah ada alat yang di pasang oleh universitas UNRI Riau ,alat penggukuran kadar air limbah pakbrik tercemar atau tidak, pada empat bulan lalu, itu bagus hasilnya  tidak ada tercemar Normal, memang saat ini alat itu rusak tapi kami sudah laporkan ke pihak UNRI tapi sampai saat ini mereka belum ada perbaikan,jadi kalau alat ini baik masyarakat gak bisa komplain lagi" Tutur Sapto.

    Terkait polusi udara memang sudah ada perbaikan dari pihak PT SUN dengan peninggian cerobong asap memang tidak bisa kita pungkiri keberadaan pabrik ini agak dibawah jadi asap nya kadang iya merebet ke samping bukan nya keatas, tapi sama kita ketahui hal ini juga karna faktor alam arah anggin nya gak bisa kita tebak. tutup sapto

    Sitas Riyanto selaku kades sungai sirih membantah tetang ada nya pemberitaan terkait pencemaran aliran sungai sebagai mana yang di berita kan, hal itu tidak benar bahwa air sungai bersih tampa tercemar kalau dulu memang benar ada nya semenjak pecah nya tanggul penampungan air limbah tapi itu dulu, kalau sekarang itu tidak benar.(rls/Rus)



     
    Berita Lainnya :
  • PKS PT. Sinar Utama Nabati Tetap Menjaga Lingkungan Dari Pencemaran
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved