Dikelola Secara Profesional, Dispersip Kuansing Siap Tempati Gedung Baru
Senin, 12 Oktober 2020 - 10:17:21 WIB

TERKAIT:
 
  • Dikelola Secara Profesional, Dispersip Kuansing Siap Tempati Gedung Baru
  •  

    SERGAPONLINE.COM TALUK KUANTAN - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kuansing, Drs Marwan, mengatakan pihaknya saat ini tengah mepersiapkan segala sesuatu hal sebelum menempati gedung perpustakaan baru yang akan di fungsikan tahun 2021 mendatang.

    Adapun hal yang dipersiapkan menurut Marwan antara lain, sistim kelistrikan dengan tegangan 197.000 VA, dan juga tambahan standby daya 250 KVA melalui pengadaan mesin genset.

    "Sebelum kita menempati gedung perpustakaan yang baru, banyak hal yang harus dipersiapkan. Seperti sistem kelistrikan yang berstandart nasional. Dan harus ada juga mesin genset untuk cadangan kalau listrik mati.

    Jadi, sistim penerangan kelistrikan kita nanti memakai tenaga ahli. Apalagi nanti kita memakai telokomunikasi dan sound system yang canggih maka itu butuh tenaga ahli yang profesional.

    Sedangkan untuk keamanan nanti kita juga akan merekrut beberapa orang tenaga keamanan. Karena perpustkaan ini akan menerapkan pola digital dan katalog. Sementara untuk pengelolaan kearsipan nanti dengan sistim aplikasi," jelas Marwan ketika dikonfirmasi media ini dikantornya, Jumat (09/10/2020) kemarin.

    Dikatakan Marwan, gedung perpustakaan baru yang berlokasi di depan rumah dinas bupati kuansing teluk kuantan itu, dengan luas bangunan 1.748.82 M2, luas lahan parkir 4.480 M2 sehingga luas keseluruhan 6.228 M2.

    Sementara untuk pembiayaan perawatan dan pemeliharaan, lanjut Marwan, gedung perpustakaan berlantai empat itu nantinya pihak dinas perpustakaan akan menganggarkan dana setiap tahun senilai Rp 50 juta.

    Marwan menmbahkan, bahwa pembangunan perpustakaan dan kearsipan bermuara pada perencanaan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Kuantan Singingi, masa pemerintahan Mursini-Halim 2016-2021.

    "Dalam melaksanakan tugas dan fungsi kita di Dispersip ada sasaran penting dan strategis yang kita tuju. Hal ini untuk meningkatkan minat baca masarakat dan generasi  muda kita.

    Meningkatkan tata kelola kearsipan yang tertib dan handal di lingkungan Pemkab Kuantan Singingi. Sehingga sumber daya manusia daerah ini sehat, cerdas dan produktif," jelasnya.

    Kedepan tambahnya lagi, Dipersip direncanakan memiliki website radio online untuk pelayanan pustaka digital tentang berita berta kegiatan Dipersip secara umum dan pelayanan lainnya. Dan pustaka digital ini, nanti masyarakat bisa membaca buku melalui gadge (gejed) atau Hp Androit.

    "Sedangkan untuk kearsipan.
    Sedang kita laksanakan langkah melakukan MOU dengan JikN.(jaringan informasi kearsipan  nasional) bentuk kerjasama layanan Informasi ke arsipan yang lebih luas seperti 'siola'.sistim informasi online layanan  ADM.

    Nantinya ada dua puluh delapan jaringan online di aplikasi yang kita buat. Tentu kerjasama dengan Kominfo sebagai liding sektor dengan peralatan atau perangkat fingrprint."pungkas Marwan.(ADP) Rus.



     
    Berita Lainnya :
  • Dikelola Secara Profesional, Dispersip Kuansing Siap Tempati Gedung Baru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved