Nasib Kades Sungai Alah Di Ujung Tanduk, Inspektorat Kuansing Mengakui Adanya Temuan
Jumat, 28 Januari 2022 - 17:51:49 WIB

TERKAIT:
   
 

SERGAPONLINE.COM TELUK KUANTAN - Kepala Inspektorat Kuansing, Darwin mengakui adanya Temuan penyalahgunaan dana desa  terkait laporan masyarakat desa sungai alah yang di tujukan kepada Oknum Kades Sungai Alah.

Hal tersebut terungkap ketika Aktivis Kuansing Ahmad Fathony, SH dan Boby Hariansyah Purba beserta beberapa awak media menjumpai nya di Ruangannya, Jumat 28 Januari 2022.

Darwin Mengatakan "Kami telah melakukan pemeriksaan khusus pada pekerjaan yang menggunakan Dana Desa Sungai Alah,  berdasarkan dari Nota Dinas dan laporan masyarakat desa sungai alah, hasilnya ada temuan pada penggunaan dana desa tersebut, "katanya

Masih Darwin "Sofcopy nya sudah kami kirim kan ke Kejaksaan ke kasi Intel Kejari Kuansing memalui pesan WhatsApp beberapa waktu lalu"

Saat di tanya mengenai LHP Darwin mengatakan " LHP sudah Selesai lebih kurang 1 bulan yang lalu, dan memang benar ada temuan sekitar 114 juta, dan sudah di kembali kan sekitar lebih kurang 50%" tambahnya

Meski tak menyebutkan jumlah real temuan penyalahgunaan keuangan, Darwin menegaskan bahwa apa yang menjadi temuan akan ditindaklanjuti sesuai aturan.

Darwin menambahkan, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dikantongi akan menjadi rekomendasi bagi Aparat Penegak Hukum (APH) dalam menindaklanjuti hasil temuan penyalahgunaan Dana Desa Sungai Alah.

Disamping itu Ahmad Fathony, SH mengatakan " Kami datang ke Inspektorat pada hari ini untuk menanyakan Perkembangan Laporan masyarakat Desa sungai alah terkait penyalahgunaan Dana Desa", cetusnya

"Dari informasi yang kami peroleh dari pihak inspektorat saat melakukan dialog tadi,persoalan ini juga sudah ditindak lanjuti  untuk dapat di proses lebih lanjut, " tandasnya.

Senada dengan hal itu, Aktivis Riau Boby Hariansyah purba Mendesak kepada Inspektorat dalam kasus ini terbuka dan serius dalam menangani kasus Kepala Desa Sungai Alah. Kita monitor terus dan menyarankan kepada kepala Inspektorat Kuansing menyerahkan LHP Kepada kejaksaan negri Kuantan Singingi secara Resmi agar bisa ditindak lanjuti dalam proses hukum selanjutnya. Dan satu lagi,

Kejaksaan kita minta untuk memonitor serius kasus ini apabila ada permainan oleh Inspektorat atau tidak serius. Karena mereka juga pelaksana negara serta jangan kasih peluang untuk bermain.
Karena menurut saya banyak kerancuan yang disampaikan oleh Inspektorat  dalam hasil LHP Dan mengakui menemukan adanya kerugian negara sebanyak 114 juta. Sedangkan kepala desa ini bermasalah sejak pada tahun 2018 sampai 2021 mustahil kita rasa.

Saat ditanyakan Terkait Temuan 114 juta itu Masyarakat Desa Sungai Alah yang ikut melaporkan itu mengatakan "Kami tidak yakin dan percaya Atas temuan 114 juta itu, Yang kami usul kan itu ada 9 item dengan kisaran anggaran lebih kurang 1 Miliyar, masa cuma 114 juta ? tanya nya sambil tersenyum" Ucap Emri.

Emri berharap Untuk dilakukan kroscek kembali terkait Pemeriksaan itu, tahun berapa .? Kegiatan apa.? Yang di temukan 114 juta itu, Tanya nya kesal.

Kami mewakili masyarakat meminta Agar Pemeriksaan ini di Speek up ke publik, dan pemeriksaan nya dilakukan secara transparan, agar kami masyarakat ini tau, jangan terkesan membodoh-bodohi, Tutupnya.

Hingga berita ini di terbitkan, Kades Sungai Alah Enggan memberikan tanggapan nya.

Editor: Rusman



 
Berita Lainnya :
  • Nasib Kades Sungai Alah Di Ujung Tanduk, Inspektorat Kuansing Mengakui Adanya Temuan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved