Kepala Dinas BAPPEDA Litbang Kuansing H. Insinyur Mesir Melakukan Penelitian Padi Tahan Banjir
Kamis, 11 November 2021 - 00:06:29 WIB
Foto : Kepala Dinas BAPEDA Kuansing H.Ir Mesir
TERKAIT:
 
  • Kepala Dinas BAPPEDA Litbang Kuansing H. Insinyur Mesir Melakukan Penelitian Padi Tahan Banjir
  •  

    SERGAPONLINE.COM TELUK KUANTAN - Kepala Dinas Bappeda Litbang Kuansing H.Ir Mesir juga di dampingi oleh Ir.Parlin.balai pertania dari  provinsi Riau.Sedang mengadakan kegiatan penelitian padi tahan banjir di kecamatan Sentajo Raya.Desa Pulau Komang Sentajo.
    Padi yang diuji coba bisa dipanen 100 hari setelah ditanam.

    Dalam kegiatan ini sengaja di lakukan ujicoba penanaman padi mukai dari penyemaian selama 2 atau 3 hari sesudah mulai tampak tunas barulah disemaikan,semua itu untuk membantu masyarakat setiap desa yang biasanya rawan banjir. Dan untuk itu kepala dinas BAPPDA Kuansing.  melakukan penelitian terhadap padi tahan banjir.dan lama terendam.

    "Nah,kami mengadakan penelitian terhadap petani yang objek tanah yang rawan banjir,setelah kita lakukan penelitin dengan dasar kolam yang sudah kita sediakan yang mana nantinya tanaman padi sudah berumur 2 samapai 3 bulan kita coba rendam,"kata Kadis BAPPEDA Kuansing kepada Sergap Online.Com

    Kemudian Ir.H.Mesir tambahkan,semoga Penekitian ini benar bermamfaat nantinya,jadi bisa kelola untuk lahan persawahan yang rawan banjir.

    Ada 5 jenis tanaman padi yang ditanam untuk di uji coba :
    1. Inpara,bono
    2. Inpara,10
    3. Inpara,8
    4. Inpara,3
    5. Inpari,30

    Dengan penelitian ini sudah kami buktikan untuk Ketahanan dan kelebihan dari padi itu, dengan cara di rendam selama 15 hari.

    "Setelah 12 hari lamanya padi ini di rendam, akhirnya kami kering kan kembali dan hasilnya pun terbukti bahwa padi-padi tersebut masih tetap hidup dan semakin menyuburkan malahan. "Jelas Kadis lagi

    Dengan adanya penelitian padi tahan banjir ini. kami sangat senang, karena penelitian yang kami buat mudah mudhan tidak sia sia.

    Setidaknya masyarakat Kuansing tidak perlu kuatir lagi untuk berpikir bahwa akan mengalami gagal panen padi kalau sudah tiba musim hujan.
    Kelima jenis padi tersebut sudah coba di tanam lima petak sawah  sudah berumur dua bulan.
    Dan sudah di uji coba digenangi dengan air sampai tengelam kepucuknya sampai tidak kelihatan selama 12 hari, InsaAllah tidak mati dan tidak mebusuk.

    Justru karena itu, kita melakukan penelitian terhadap padi tahan banjir ini agar bisa membantu para petani petani desa yang sering mengalami kegagalan panen padi akibat banjir.

    "Semoga ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat Kuansing untuk kedepannya nanti. "Tutup kadis. (RM)



     
    Berita Lainnya :
  • Kepala Dinas BAPPEDA Litbang Kuansing H. Insinyur Mesir Melakukan Penelitian Padi Tahan Banjir
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved