LAM Riau Kabupaten Bengkalis Akan Bekerjasama Dengan Dewan Pimpinan Asosiasi Aren Indonesia
Senin, 14 Januari 2019 - 10:48:54 WIB

TERKAIT:
 
  • LAM Riau Kabupaten Bengkalis Akan Bekerjasama Dengan Dewan Pimpinan Asosiasi Aren Indonesia
  •  

    SERGAPONLINE.COM BENGKALIS  - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kabupaten Bengkalis akan bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Aren Indonesia (DPD AAI) Kabupaten Bengkalis dalam upaya mengambil peluang dan mengembangkan potensi budidaya Aren (Arenga pinnata) di lahan gambut di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini.

    Bentuk kerjasama ini diawali dengan dijadikannya gedung LAM Riau Kabupaten Bengkalis di Jalan Antara Desa Air Putih sebagai tempat pelaksanaan seminar nasional pada Sabtu, 26 Januari 2019 mendatang.

    "Kalau kita melihat Asosiasi Aren Indonesia (DPD AAI Kab.Bengkalis,red), kami sangat mendukung sekali karena kreativitas pemuda-pemuda kita sebagai anak Melayu menunjukkan keberadaan kita di tanah Melayu ini. Apalagi saat ini kita memerlukan tenaga-tenaga untuk bekerja sama terutama AAI ini yang kami baru mengenalnya.

    Kerjasama ini lebih menguntungkan kepada daerah kita terutama pemanfaatan tanah gambut yang hasil kajian tanah gambut ini lebih banyak pemanfaatannya dari tanah liat yang ada di Pulau Bengkalis saat ini. Jadi kerja sama kita nampaknya menampilkan keberadaan kita di LAM Riau Kabupaten Bengkalis. Dengan adanya kerjasama pelaksanaan seminar pada 26 Januari nanti mudah-mudahan akan membuahkan hasil yang baik untuk negeri kita Negeri Melayu Kabupaten Bengkalis. Dan mudah-mudahan seminar ini menjadi perhatian ramai oleh masyarakat yang berada di Kabupaten Bengkalis," kata Ketua DPH LAM Riau Kabupaten Bengkalis, Datuk Seri H. Sofyan Said kepada Media, Sabtu (12/1/2019) lalu.

    Datuk Seri H. Sofyan Said lebih lanjut mengatakan dalam komposisi kepengurusan LAM Riau Kabupaten Bengkalis masa khidmat 2019-2024 lebih meningkat dibandingkan mas khidmat 2013-2018 silam.

    "Untuk periode ini setelah kami melakukan pertemuan dengan tim formatur menyusun kepengurusan bidang-bidang, bukan hanya sekedar menjadi anggota saja diharapkan kreativitas masing-masing bidang sehingga nanti dapat membuatkan program, memunculkan ide-ide yang baik dan demi kemajuan Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Bengkalis," harap Datuk Seri H. Sofyan Said lagi.

    Datuk Seri Sofyan juga menyebutkan bahwa tanaman Aren memang telah lama ada di Bengkalis. "Hasil kajian dan penelitian bagi tim-tim ahli di bidang ini mungkin hari ini akan memberikan dampak dan hasil yang lebih baik kalau dibandingkan dengan petani karet yang 1 kilo hanya dibeli Rp6.000,00 tapi kalau kita produksi Aren nantinya minimal Rp50.000,00 perhari sudah didapat penghasilan masyarakat pemilik Aren itu sendiri," pungkasnya.

    "Kita akan membuatkan surat ke masing-masing LAM Riau kecamatan se-Kabupaten Bengkalis supaya dapat ikut seminar tadi nantinya sehingga akan memberikan manfaat bagi LAM Riau di setiap kecamatan kabupaten ini," kata Datuk Seri H. Sofyan Said yang sebelum purna bakti sebagai PNS pernah bertugas di Bappeda Kabupaten Bengkalis yang kala itu telah memikirkan masalah insfratruktur, ekonomi, sosial budaya dan terakhir berdinas di Dinas Pendidikan ini mengakhiri wawancara.

    "Awalnya kita hanya punya konsep ingin memakai gedung LAM Riau Kabupaten Bengkalis ini saja. Begitu kita mendekati kepengurusan LAM Riau Kabupaten Bengkalis yang baru ini, langsung ditanggapi karena ini merupakan satu kebangkitan Melayu. Artinya Melayu tidak ingin lagi dibilang terkebelakang atau malas, kita ingin buktikan bahwa Melayu itu bisa. LAM Riau Kabupaten Bengkalis menyambut baik kerjasama ini, saya seminar nantinya bisa berhasil," kata Ketua DPD AAI Kabupaten Bengkalis kata Dr. Eng. Mohamad Syahminan, ST, MT pula.

    Syahminan menambahkan bahwa dari pembicaraannya dan panitia seminar bersama Ketua DPH LAM Riau Kabupaten Bengkalis, "Datuk Seri H. Sofian langsung menginstruksikan LAM Riau kecamatan Kabupaten Bengkalis sampai ke LAM Riau desa di masing-masing kecamatan tadi untuk menyukseskan acar seminar ini. Karena Aren yang dalam bahasa kita disebut enaw sangat menjanjikan yang saat ini disisihkan padahal potensinya sangat tinggi di bumi Melayu kita ini," beber Syahminan yang alumni S1 dan S2 UGM linear jurusan Teknik Sipil Transportasi silam.

    Syahminan anak dari mantri Zainon Parit Bangkong yang bertugas di Desa Ketam Putih ini melanjutkan pendidikan S3 Kyushu University, Jepang tahun 2010-2013 jurusan Civil and Enviromental Jepang ini melalui asosiasinya tidak tinggal diam, langsung duduk bersama untuk membicarakan teknis pelaksanaan seminar tersebut kedepannya. "Kita dari DPD AAI Kabupaten Bengkalis mensukseskan seminar sementara LAMR Kabupaten Bengkalis menangani pengaturan gedung dan lain-lainnya," tambah Syahminan.

    "Atas nama DPD AAI Kabupaten Bengkalis kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih, kami menawarkan diri meskipun kami tidak masuk dalam kepengurusan Lembaga ini siap untuk pendampingan dan membantu suport dalam menciptakan masyarakat yang berdaya guna sehingga makmur masyarakat kita. Kalau ini sukses, kedepannya kita akan merealisasikan menanam Aren di masyarakat dan juga bisa melakukan olahan lain dalam bentuk penelitian bersama di bidang penelitian dan pengembangan. Dalam hal ini diemban oleh Datuk Emrizal Yohanes yang saat ini sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang,red) Kabupaten Bengkalis yang sudah diamanahkan oleh Datuk Seri H. Sofyan Said tadi," kata Syahminan menyebutkan.

    Syahminan yakin kedepannya Bengkalis lebih intens akan budidaya Aren ini. "Sehingga kedepannya Bengkalis akan menjadi pintu gerbang di Asia mulai dari Pulau Bengkalis karena kita terluar yang berbatasan langsung dengan Muar dan Melaka Malaysia, akan kita ambil peluang ini," ungkap Syahminan dengan optimis.

    "Zaman now ayo kita menanam enaw, terlepas dari pepatah Melayu, Melayu itu bukan pemalas. Kalau kita endak seribu daya kalau tak endak seribu alasan. Kalau kita tidak mampu melakukan sendiri, ada kami di DPD AAI Kabupaten Bengkalis yang Insya Allah siap membantu. Bagi yang tak endak, kita tinggalkan," tutur Syahminan memotivasi.

    Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri H. Sofyan Said dan pengurus foto bersama Ketua DPD AAI Kabupaten Bengkalis kata Dr. Eng. Mohamad Syahminan, ST, MT dan panitia pelaksana seminar di ruang LAM.



     
    Berita Lainnya :
  • LAM Riau Kabupaten Bengkalis Akan Bekerjasama Dengan Dewan Pimpinan Asosiasi Aren Indonesia
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved