Senin, 15 08 2022

 
Tata Kelola Pemkab Pelalawan Berbasis Elektronik Diskominfo Lakukan Terobosan Ini
Selasa, 02 Agustus 2022 - 20:56:49 WIB
Foto kadis Kominfo
TERKAIT:
   
 

SERGAPONLINE.COM PELALAWAN - Dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah mewujudkan Pelalawan Maju bersama Bupati H.Zukri dan Wakil Bupati H.Nasaruddin,SH,MH dalam tatakelola pemerintahan berbasis elektronik. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau telah melakukan terobosan dan inovasi di dalam membangun sistem, tatakelola infrastruktur dan pengelolaan database melalui satu data bertujuan mempermudah pelayanan kepada masyarakat dengan berbasis teknologi informasi.Selasa,(02/08/2022).

Hal ini di sampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan Hendry Gunawan,AP di dampingi oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengelolaan E-Government Alfi Anansyah Putra,SE,M.acc. Bertempat di Ruang Commad Center Diskominfo Lantai I Pangkalan Kerinci.

Hendry Gunawan,AP mengatakan ada 3 Program Strategis yang menjadi pekerjaan rumah Dinas Kominfo mendukung Pelalawan Maju 2026 yakni Pembuatan Aplikasi Klik Pelalawan, Membangun One Big Data serta Smart City Kabupaten Pelalawan, walau untuk Smart City sudah di kembangkan sejak beberapa tahun lalu oleh institusi dan lembaga terkait yakni pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tentunya implementasi dari tata pemerintahan yang humanis dan sinergitas ini antar OPD sebagai acuan untuk mewujudkan E- goverment di Kabupaten Pelalawan masih terus berjalan.

Hendry menambahkan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam satu genggaman berbasis elektronik yang dapat di download masyarakat melalui playstore yaitu aplikasi klik pelalawan. Klik pelalawan memberikan fitur layanan menarik kepada masyarakat dalam mempermudah masyarakat mengakses layanan dan informasi.

“ Klik pelalawan menyediakan fitur aplikasi yang mempermudah layanan dan informasi berbasis android bisa di download melalui playstore yakni klik lapor, klik KTP, klik media center, klik pendidikan, klik publik, klik wisata, klik perizinan, klik berobat, klik BUMD, klik loker, klik UMKM, klik sembako, klik CSR, klik info pajak dan klik nomor penting.” Jelas Hendry.



Meskipun demikian Hendry mengatakan bahwa secara infrastruktur dan layanan fitur sudah seratus persen selesai akan tetapi aplikasi belum dapat kita lauching kepada masyarakat pelalawan karena masih menunggu proses pengerjaan lelang untuk armada mobil cetak KTP oleh Disdukcapil dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan karena akan adanya integrasi sistem yang saling terhubung dan bisa langsung cetak di tempat.

“ Klik pelalawan ada fitur klik KTP ini akan terhubung antara sistem dengan pelayanan administrasi kependudukan oleh Disdukcapil yang langsung cetak di tempat. Sehingga KTP masyarakat langsung jadi saat itu juga, untuk sementara ini proses pengerjaan pemenang lelang mobil sedang berjalan dan kita harapkan dalam bulan ini selesai sehingga bisa kita lauching aplikasi Klik Pelalawan ini “ Sambung Hendry.

Sementara untuk one big data ini akan mempermudah semua layanan diatas karena tujuan pelayanan demikan adalah untuk kesejahteraan masyarakat sesuai amanah yang sering di sampaikan oleh Bupati H.Zukri bertujuan menghasilkan pemerintahan yang good government dalam satu database data yang menghimpun data seluruh masyarakat kita sehingga akan mempermudah kita jemput bola pelayanan dan tahu apa yang kebutuhan daerah itu di dalam mengambil sebuah keputusan.

“ untuk one big data kita sudah menghimpun seratus persen data kebutuhan sebagai dasar kita untuk membangun sistem ini terdiri dari beberapa OPD terkait yakni Bappeda, Diskoperindag, Disdik,Dinas PUPR, Dinsos, DKPTPH, Disbunnak, Dinkes, RSUD, Diskan dan Kemenag. Sementara untuk penyempurnaan di aplikasi masih dalam proses membangun elemen dasar data berkisar 40 persen dan masih dalam proses penyempurnaan.” kata Hendry.

Disamping kita membangun sistem dan aplikasi berbasis teknologi. Pemkab Pelalawan juga mendapatkan 5 titik lokasi pembangunan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4 G dan Infrastruktur pendukung lainnya oleh Kementerian Kominfo RI melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo. Hal ini merupakan perwujudan dari BAKTI Kominfo untuk perluasan akses internet di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) bagi percepatan transformasi digital di indonesia. Sesuai dengan Arahan Presiden RI yang mengamanatkan seluruh desa/kelurahan di indonesia terjangkau layanan seluler dengan teknologi 4G/LTE.

“ Ada 5 lokasi pembangunan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4 G dan Infrastruktur pendukung lainnya yakni Desa Teluk Bakau Kecamatan Kuala Kampar, Desa Teluk Beringin Kecamatan Kuala Kampar, Desa Sungai Upih Kecamatan Kuala Kampar, Desa Sungai Solok Kecamatan Kuala Kampar dan Desa Segamai Kecamatan Teluk Meranti akan di bangun tahun ini, untuk mendukung kegiatan ini Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sedang berjalan, Surat Hibah Tanah dari masyarakat serta surat pernyataan dukungan pelaksanaan program penyediaan dan pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4 G dan Infrastruktur pendukung lainnya oleh Bupati H.Zukri sudah kita selesaikan dan tidak ada kendala dalam hal ini. “ Tutup Hendry.

Editor : F.Laoly




 
Berita Lainnya :
  • Tata Kelola Pemkab Pelalawan Berbasis Elektronik Diskominfo Lakukan Terobosan Ini
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved